4 Tips Public Speaking yang Efektif

 Oleh: Nur Lailatul Jannah


Halo Sahabat,

Dikuliah umum hari ini, 15 September 2020. Kami diberikan pembekalan berupa Tips Praktik Public Speaking. Dimana seorang guru harus mampu menguasi ilmu Public Speaking, mampu mempengaruhi muridnya untuk berbuat kebaikan.

Bapak Charles Bonar Sirait memaparkan bahwa ada empat tips praktis yang dapat Sahabat lakukan, yaitu :

1. Memahami Pola Komunikasi Sederhana

Pendidik harus berpenampilan menarik dan dapat menjadi pusat perhatian bagi anak didiknya, harus memiliki kemampuan menarik perhatian publik.

2. Impacful  Communication

Dalam mengajar ataupun memberikan pemaparan di depan publik, Sahabat perlu menerapkan kemampuannya dalam Affecting, Emotional, Moving, Impresive, dan Touching kepada para peserta. Sahabat sebisa mungkin untuk dapat mempengaruhi, menyalurkan emosi, bergerak, memberikan kejutan atau kegiatan tak terduga, dan dapat menyentuh perasaan, serta memegang materi dengan sangat baik.  

3. Persuasive Communication

Point ketiga ini sangat penting dimiliki oleh seorang Public Speaking, yaitu mampu mempengaruhi orang lain, mampu menciptakan opini. Bahkan ada istilah bahwa Guru atau Public Speaking adalah seorang Opinion Maker.

4. Personal Branding

Sahabat mungkin sudah sering dengar dengan istilah personal branding, dimana seseorang mempunyai brandingnya masing-masing. Misalnya saja, apabila kita menyebut nama J.K. Rowling maka pikiran kita pasti akan berpikir bahwa J.K Rowling merupakan seorang penulis. Nah, begitu pula Sahabat, kira-kira 5 tahun yang akan datang Sahabat ingin dikenal sebagai apa?

Setiap orang memiliki keunikan masing-masing, silakan Sahabat gali keunikan dan passion Sahabat itu apa, lalu kembangkan dan jadikan itu sebagai Personal Branding.

Nah, Sahabat, itulah tips yang diberikan oleh Bapak Charles Bonar Sirait, beliau merupakan presenter, penyiar, penulis, dan pendidik/instruktur Nasional.

Selamat mempraktekkan.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.


#Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#Pembatiklevel4

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko

#guruberbagi

#gurupenggerak


Komentar

Postingan Populer