Nadiem Makarim Bangga, Peserta PembaTIK Meningkat 1000%

Oleh: Nur Lailatul Jannah


PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) merupakan inisiatif atau gagasan agar tercipta para guru dan tenaga pendidikan dilingkungan Pusdatin yang dapat meningkatkan kompetensi TIK tekhusus dunia pendidikan.

    Level pada program PembaTIK ini mengacu pada Standart UNESCO dimana ada 4 level yang dilaksanakan, yaitu :

  1. Level Literasi : Mengenalkan TIK Dasar, pemanfaatan internet aman, dll
  2. Level Implementasi : Memanfaatkan TIK yang dimiliki oleh Pusdatin untuk mengimplementasikannya dikelas yang diampu.
  3. Level Kreasi : Menciptakan produk baik berupa Video Pembejaran maupun Media Pembelajaran Interaktif.
  4. Level Berbagi : Para peserta diharapkan lebih mampu secara komunikatif untuk berbagi praktek baik yang sudah dilakukan sebelumnya dalam memanfaatkan TIK.

    Dari semua level yang dilewati maka akan dipilih Duta Rumah Belajar di setiap Provinsi, merekalah merupakan para penggerak, inisiator, dan implementator, baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional.

    Partisipasi PembaTIK dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Diawali di tahun 2018 yaitu sebanyai 6.809 peserta yang mengikuti kegiatan PembaTIK ini, lalu di tahun 2019 sebanyak 28.624 peserta, dan saat ini meningkat 1000% dari dua tahun lalu, yaitu sebanyak 70.312 peserta se-Indonesia yang mengikuti PembaTIK.

        Seperti yang disampaikan Bapak M. Hasan Chabibie, Plt KaPusdatin, bahwa di tahun 2020, peserta pembaTIK level 1 yaitu sebanyak 70.312. Sedangkan yang lulus level 1 yaitu 18.936 peserta. Dari 18.936 peserta yang melanjutkan ke level 2 yaitu sebanyak 13.268 peserta, peserta yang lulus di level 2 yaitu 5.007 peserta. Semua peserta yang lulus Level 2 melanjutkan Level 3, dan yang dinyatakan lulus adalah sebanyak 2.496 peserta. Selanjutnya, Pusdatin memilih dan menseleksi peserta yang lulus di level 3 sebanyak 30 peserta dari setiap Provinsi yang dapat mengikuti Level 4, sehingga kurang lebih ada 1.020 peserta yang saat ini mengikuti Level 4.

Menteri Pendidikan, Mas Nadiem menyampaikan dalam sambutannya, bahwa beliau sangat bangga bahwa dengan meningkatnya para peserta yang mengikuti program PembaTIK ini menandakan bahwa lebih banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuan mengimplementasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar.

 

Komentar

Postingan Populer